Sambutan Bapelsin GKJ

SINODE GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA

(CHRISTIAN CHURCHES OF JAVA)

Jl. Dr. Sumardi No. 8 & 10 Salatiga 50711 Indonesia

——————————————————————————————-

Tanggal 30 Maret 2009

Nomor: A.4230

Hal: Sambutan Bapelsin GKJ

Yang terhormat,

Majelis GKJ Wiladeg

Majelis GKJ Bejiharjo

segenap warga jemaat,

serta tamu undangan yang berbahagia.

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,

Pendewasaan seumpama sidi, saat kecil orang tua menanggung dan menjamin agar dapat memerima tanda baptis, dan saat dewasa tanggung jawab sebagai warga diamini dengan segala kemandiriannya. Pendewasaan seumpama mantu, anak sudah berumah tangga sendiri, sekarang sama-sama mendapat KK sendiri. Ini daur hidup, sekali dan jangan diulkang lagi.

Pendewasaan Gereja di GKJ adalah tekad yang dinyatakan, melalui proses persiapan pendewasaan, perkunjungan Klasis, pendampingan, dan akhirnya keputusan persidangan Klasis tentang kelayakan pendewasaanya. Dengan prosedur dan pertanggungjawaban ini, maka besar harapan bagi GKJ Bejiharjo sebagai gereja yangd ewasa, untuk dapat mewujudkan panggilan pelayanan dalam kehidupan di tengah-tengah bangsa bersama dengan gereja-gereja di sekitar, bukan hanya di lingkungan bersama GKJ Wiladeg dan Gereja-Gereja Kristen Jawa di Klasis Gunungkidul saja, tetapi lebih luas lagi bersama gereja GKJ di Sinode GKJ, dan bahkan dalam persekutuan gereja yang lebih luas lagi.

Maka sekarang bukan lagi pepanthan, tetapi diterima dalam kebersamaan di Sinode Gereja-Gereja Kristen jawa sebagai GKJ ke-299. Selamat untuk segenap persekutuan GKJ Wiladeg yang telah menjadi orang tua dan wali dalam masa-masa perkembangan. Pperubahan yang cepat dan besar telah terjadi dalam perjalanan GKJ. Dan mulai 11 April 2009 ini telah resmi kita umumkan kemandirian GKJ Bejiharjo, dalam persekutuan dan kebersamaan di lingkungan Sinode GKJ dan PGI, dan juga dalam persekutuan oikumene yang lebih luas lagi, dengan tanggung jawan untuk pelayanan dan keterlibatan sebagai Gereja di tengah-tengah kehidupan bangsa.

Terlalu kecil dan sedikit bila hanya memikirkan diri sendiri, bahkan Tuhan Yesus mengingatkan kita semua, bila tidak bersedia menyangkal diri dan memikul salib maka kita tidak layak untuk mengikut Yesus. Sebagai umat Kristus, kesediaan untuk berbagi berkat anugerah karunia Allah dalam kehidupan bergereja, terlebih kepada sesama yang membutuhkan dan berkekurangan, adalah tanda bahwa kita ada di jaloan yang benar. Karena itu nyatakan keberadaan GKJ bejiharjo sebagai terang di kaki dian bukan di bawah gantang, sebagai garam melarut menyedapkan dan mengasini sekitar, bukan yang masih mrongkol menggumpal dan karena itu bahkan akan disisihkan. Semua yang hadir dalam ibadah pendewasaan ini ingin membaca isi surat Kristus yang terbuka dalam hati dan hidup saudara-saudara warga GKJ Bejiharjo, surat pujian dan kesaksian tentang karya Allah yang menyelamatkan.

Selamat jadi dewasa! Bertanggung jawab senantiasa. Jangan batasi, hanya untuk kalangan sendiri saja, tetapi masuk dalam hidup bersama. Hidup melayani, pandang sekitar, dunia terbuka.

Salam dan doa,

Badan Pelaksana Sinode GKJ

Pdt. Yahya Tirta Prewita

Sekretaris Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: