BUPATI GUNUNGKIDUL

————-

SAMBUTAN BUPATI GUNUNGKIDUL PADA RESEPSI PENDEWASAAN GKJ BEJIHARJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL – SABTU 11 APRIL 2009

Salam sejahtera bagi kita sekalian.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan karuniaNya senantiasa melimpah dalam kehidupan sehingga pada kesempatan ini kita dapat menghadiri Resepsi Pendewasaan Gereja Kristen Jawa Bejiharjo, dalam keadaan sehat wal afiat.

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, saya menyambut baik dan mengucapkan selamat atas didewasakannya gereja-gereja pepanthan GKJ Wiladeg yang berada di Bejiharjo, grogol dan Karanganom tergabung menajdi sebuah gereja yangdewasa yaitu GKJ Bejiharjo.

Hadirin yang berbahagia,

Gereja sebagai organisasi keagamaan kristen menjadi mitra pemerintah dalam proses pembangunan kehidupan rohani khususnya umat kristen. Peran yang diemban gereja saat ini cukup berat karena dalam upaya membangun kehidupan umat beragama yang berkualitas akan senantiasa mendapatkan tantangan dan kendala yang semakin kompleks. Kehidupan duniawi yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi yang semakin modern telah memunculkan dampak yang buruk bagi kehidupan rohani umat manusia dan justru semakin menjauhkan umat manusia dari kegiatan-kegiatan kerohanian yang dilakukan oleh lembaga keagamaan.

Tantangan inilah yang saat ini dihadapi oleh semua lembaga keagamaan, termasuk gereja dalam membangun kehidupan rohani yang semakin baik dan berkualitas. Oleh karena itu, tanpa upaya yang sungguh-sungguh dan didukung adanya kerjasama yang baik antar lembaga keagamaan maupun dengan pemerintah, kita akan semakin sulit mewujudkan cita-cita tersebut.

Pendewasaan gereja sebagai sebuah lembaga keagamaan kristen yang mandiri tentu akan semakin menambah kekuatan kita untuk bersama-sama mewujudkan kehidupan iman yang semakin kuat dan berkualitas. Kemandirian dan kedewasaan yang akan dijalani GKJ Bejiharjo dengan seluruh jemaatnya, tentu memiliki konsekuensi yang harus dipahami oleh semua komponen gereja sebagai organisasi keagamaan. Upaya untuk mewujudkan kemandirian atau kedewasaan GKJ Bejiharjo yang mulai dirintis sejak tahun 2006 ini tentu tidak hanya berdasarkan pertimbangan yang bersifat material, namun lebih bersifat substansial dan mengacu pada kebutuhan pelayanan jemaat yang lebih intensif dan representatif. Oleh karena itu, pelayanan sebagai wujud eksistensi dan misi dari sebuah gereja harus direalisasikan secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab oleh seluruh komponen gereja, mengingat nilai strategisnya dalam proses pembangunan kehidupan rohani jemaat maupun masyarakat sekitarnya.

Jemaat GKJ Bejiharjo dan hadirin yang berbahagia,

Peran sebuah gereja di tengah-tengah masyrakat yang heterogen dan semakin maju tentu tidaklah mudah untuk direalisasikan. Setelah gereja tersebut dapat disebut dewasa bukan berarti gereja dapat dinilai sukses dan berhasil, namun pendewasaan sebuah gereja merupakan “pintu gerbang” untuk memulai langkah dan karya dalam mewujudkan gereja yang bertumbuh, berakar, dan mampu memberikan buah yang baik bagi juemaat maupun masyarakat di sekitarnya.

Sejumlah konsekuensi yang harus ditanggung seiring dengan kemandirian sebuah gereja tentu harus disikapi secara bijaksana dan rasa optimis. Meski secara manusiawi tanggung jawab yang diemban gereja dewasa cukup berat, namun apaila dijalani dengan karya yang sungguh-sungguh, rasa handarbeni yang kuat dari seluruh komponen gereja, dan senantiasa bersandar pada pertolongan Tuhan, maka saya percaya GKJ Bejiharjo akan mampu mengatasi semuanya itu.

Akhirnya kepada seluuruh warga jemaat GKJ Bejiharjo, sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kakrena telah menjadi gereja yang dewasa dan mandiri. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkati dan membimbing langkah dan karya kita.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Bupati Gunungkidul

Suharto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: