DEPARTEMEN AGAMA

KANTOR WILAYAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jl Sukonandi Nomor 8 Yogyakarta 55166

————————————————-

SAMBUTAN PEMBIMBING MASYARAKAT KRISTEN PADA ACARA PENDEWASAAN PEPANTHAN BEJIHARJO SABTU 11 APRIL 2009

Salam Sejahtera,

Bapak, Ibu, Saudara yang saya hormati, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas segala berkat dan karuniaNya kita diberi kesempatan untuk berkumpul pada acara Pendewasaan Pepanthan Bejiharjo menjadi Gereja Dewasa pada siang hari ini dengan penuh kebahagiaan.

Bapak/Ibu/Saudara yang saya hormati,

Kemandirian gereja adalah faktor penting yang memungkinkan gereja melaksanakan tugas panggilannya secara maksimal dan lebih bertanggung jawab. Dengan demikian, kemandirian adalah pula prasyarat untuk memperjelas identitas gereja sebagai Tubuh kristus dalam mengemban misi penyelamatan Allah di dunia. Gereja sebagai institusi/lembaga harus mengambil peranan dalam segala aspek kehidupan di tengah masyarakat dan bangsa yang sedang mengalami berbagai tantangan. Ini berarti bahwa gereja tidak dapat melepaskan diri terhadap kehidupan bersama. Sebagai institusi dunia, gereja memiliki kesepadanan dan kesederajadan dengan institusi duniawi lainnya dalam membangun masyarakat dan bangsa ini.

Dalam kaitannya dengan kerukunan kehidupan beragama, maka Gereja dan seluruh Umat Kristen perlu secara terus menerus memupuk rasa kebersamaan sehingga tercipta kerukunan di antara seluruh komponen bangsa. Kerukunan bukan sekadar keadaan di mana tidak ada konflik. Kerukunan mengandung makna hidup dalam kebersamaan. Oleh karena itu dalam usaha membina kerukunan hidup bangsa kita yang menganut berbagai agama dan kepercayaan itu kita harus berusaha membangun semangat dan sikap kebersamaan di antara penganut berbagai agama dan kebercayaan di kalangan bangsa kita.

Era global sekarang ini membawa kita kepada ekonomi pasar bebas, persaingan yang ketat, membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan. Kita sebagai gereja perlu mempersiapkan dan melengkapi diri untuk menjawab tantangan yang kita hadapi. Bagaimana kita mempersiapkannya? Tentu saja kami berharap agar segala permasalahan dan tantanngan nyata yang kita hadapi dapat mengilhami Pepanthan Bejiharjo yang telah menyatakan dan dinyatakan sebagai GKJ dewasa untuk melakukan pembinaan umat dengan memberdayakan umat sehingga pada akhirnya gereja dan umat mampu menghadapi berbagai tantangan yang kita hadapi.

Bapak?ibu/Saudara yang saya hormati. Dua hari yang lalu kita ikuti PEMILU Legislatif. Kita berharap agar siapapun yang terpilih betuyl-betul mampu memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan. Kita doakan mereka yang tidak terpilih, supaya juga tetap diberikan semangat pengabdian untuk bangsa dan negara ini.

Pada akhirnya, saya menyambut gembira atas keputusan Pepanthan Bejiharjo menjadi Gereja Dewasa. Kepada seluruh Majelis dan Jemaat, saya ucapkan selamat berjuang dan sukses selalu dalam berkat Tuhan.

Demikian sambutan singkat saya, tentu banyak kekurangannya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Tuhan Yesus, Kepala Gereja senantiasa menolong dan memberkati kita semua. Terima kasih.

a.n. Kepala

Pembimbing Masyarakat Kristen

Petrus Marija

NIP. 150264011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: