Salam sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha kuasa, karena berkat dan karuniaNya, Pepanthan Bejiharjo, Grogol, dan Karanganom telah berhasil didewasakan menjadi sebuah gereja yang mandiri, yaitu GKJ Bejiharjo pada hari ini Sabtu 11 April 2009.

Majelis GKJ Wiladeg beserta seluruh warga jemaat mengucapkan selamat dan sukses kepada jemaat dan Majelis GKJ Bejiharjo yang telah melewati masa-masa sulit proses pendewasaan yang dirintis sejak tahun 2006 lalu. Keberhasilan ini merupakan buah dan kerja keras dan semangat yang begitu kuat dari warga jemaat dan Majelis untuk mencapai tahapan yang lebih tinggi, yaitu memiliki gereja yang betul-bentul mandiri dan dewasa dalam melaksanakan seluruh aktivitas pelayanannya. Disamping itu, campur tangan dan pertolongan Tuhan Yesus Raja Gereja telah ditanggapi dengan benar melalui karya, ketekunan, semangat melayanidari setiap komponen gereja untuk mewujudkan cita-citanya.

Jemaat GKJ Bejiharjo dan hadirin yang berbahagia,

Perlu menjadi perhatian kita bahwa pendewasaan gereja bukanlah tujuan dari pelayanan setiap komponen gereja, namun justru awal dari karya dan pelayanan, yang tentu saja membutuhkan semangat, komitmen dan tanggung jawab seluruh warga gereja. Hal-hal tersebut sangat dibutuhkan bagi pendukung kelancaran dan keberhasilan seluruh aktivitas gereja yang dewasa, karena konsekuenasi yang ditanggung gereja dewasa tentu akan lebih berat daripada sebelumnya.

Ke depan akan ada semakin banyak tanggung jawab yang bersifat internal yang harus diemban oleh gereja yang menyatakan diri telah dewasa dan mandiri. Dari hal-hal yang bersifat manajerial dalam pengelolaan organisasi gereja, peningkatan kemampuan keuangan, pembangunan fisik, peningkatan kualitas pelayanan, sampai upaya memiliki pendeta atau gembala jemaat sendiri adalah contoh-contoh pekerjaan rumah yang tidak ringan dan harus segera dirintis sejak awal. Dalam upaya mengatasi pekerjaan rumah tersebut dituntut adanya kerjasama yang saling mengisi di antara seluruh komponen gereja. Di antaranya dengan kesediaan masing-masing untuk menunjukkan karunia dan talentanya dalam mendukung seluruh aktivitas pelayanan gereja sesuai peran dan tanggung jawabnya. Lebih dari itu, sebagai manusia yang memiliki pengharapan kuat, segenap komponen gereja yang dewasa harus menghadapi tantangan tersebut dengan semangat kuat dan rasa optimis bahwa semuanya tersebut dapat diwujudkan dengan pertolongan Tuhan.

Jemaat GKJ Bejiharjo dan hadirin sekalian,

Secara eksternal, kompleksitas dan tantangan yang semakin berat akan dihadapi oleh lembaga-lembaga keagamaan, seperti halnya gereja. Dalam aktivitasnya melakukan pelayanan dan pembinaan iman warga jemaat, sepertinya menuntut gereja harus berpacu dan berlomba dengan tawaran kehidupan duniawi yang semakin beragam dan menarik. Hal ini tentu saja membutuhkan kedewasaan dan kebijaksanaan yang cukup, baik majelis gereja maupun warga jemaat, untuk mensikapi segala bentuk tantangan duniawi tersebut, sehingga gereja tetap mampu bertumbuh dan berakar semakin kuat di tengah-tengah dunia ini.

Akhirnya kepada seluruh warga jemaat GKJ Bejiharjo, sekali lagi saya ucapkan selamat melaksanakan tugas dan panggilanNya di jajaran Gereja-gereja Kristen Jawa Klasis Gunungkidul maupun se-Sinode GKJ, serta di tengah-tengah masyarakat. Kepada segenap warga maupun majelis, pendewasaan GKJ Bejiharjo ini mohon tidak diartikan sebagai putusnya hubungan dengan GKJ Wiladeg, namun justru terbukanya kesempatan untuk bekerja sama semakin erat, saling menopang, saling meneguhkan dalam karya dan pelayanan di dalam Tuhan.

Kiranya Tuhan Yesus Kristus Raja Gereja senantiasa memberkati dan membimbing setiap langkah kita. Sekian dan terima kasih.

Teriring salam dan doa,

Majelis GKJ Wiladeg

Pnt. Rakimin

Ketua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: