SAMBUTAN BUPATI GUNUNGKIDUL

 

SAMBUTAN BUPATI GUNUNGKIDUL

PADA ACARA RESEPSI PENAHBISAN PENDETA

GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ) BEJIHARJO

 

Jumat, 11 November 2011

 

Selamat siang dan salam sejahtera

Tamu Undangan dan Jemaat GKJ Bejiharjo yang berbahagia,

 

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, karena rahmat dan karunia-Nya telah memperkenankan kita untuk menghadiri Resepsi Penahbisan Pendeta Gereja Kristen Jawa (GKJ) Bejiharjo, dalam keadaan selamat dan bahagia.

 

Dalam rangka membangun kehidupan moral masyarakat agar semakin religius dan memiliki pola hidup yang sesuai tuntunan ajaran agama, saat ini menghadapi tantangan yang semakin berat. Salah satunya yaitu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan secara tidak bijaksana oleh umat manusia. Ketidakbijaksanaan itu telah memunculkan gaya hidup atau perilaku yang cenderung mementingkan diri sendiri, materialistis dan hanya mengejar kenikmatan duniawi saja.

 

Kondisi ini sesungguhnya bertentangan dengan sifat dasar umat manusia sebagai makhluk hidup yang beradab dan memiliki nilai-nilai

moralitas baik yang bersumber dari ajaran agama maupun kebudayaan atau pola kehidupan bersama di masyarakat. Apabila kondisi tersebut berlangsung terus tanpa adanya upaya untuk mengendalikannya, bukan tidak mungkin umat manusia akan semakin jauh meninggalkan nilai-nilai moralitas dan sifat kemanusiaannya.

 

Hadirin yang berbahagia,

Menyikapi kondisi tersebut, maka kita sangat mengharapkan peran dan partisipasi nyata dari lembaga-lembaga sosial keagamaan maupun pribadi-pribadi sebagai pemimpin dan pembina umat beragama. Pendeta sebagai pembina umat Kristen dan gereja sebagai basis pengajaran dan pembinaan tentu sudah menyadari peran keduanya, yaitu pendeta dan gereja sebagai lembaga keagamaan, akan menjadi mitra yang saling menopang dengan pemerintah daerah dalam membangun kehidupan masyarakat menuju kehidupan religius dan memiliki nilai moralitas dan etika yang baik.

 

Pada kesempatan yang sangat baik ini, saya turut merasakan kegembiraan umat Kristen di GKJ Bejiharjo ini, karena telah berhasil memiliki pendeta sebagai bagian dari unsur pembina dan pengajar jemaat di wilayah ini. Saya berharap seluruh anggota jemaat GKJ Bejiharjo akan bersatu hati dan menyambut Saudara Ni Luh Putu Artha Wahyuni sebagai pendeta jemaat dan siap sedia untuk mendukung tugas dan tanggungjawab yang diamanatkan kepadanya.

 

Perlu juga dipahami bahwa membangun kehidupan umat manusia yang religius sesuai misi lembaga keagamaan, seperti halnya gereja, bukanlah pekerjaan yang “instan” dan hasilnya dapat dinikmati secara cepat. Upaya

tersebut merupakan proses panjang yang harus dilakukan secara konsisten dan tidak mengenal putus asa. Oleh karena itu, saya berharap GKJ Bejiharjo dengan seluruh unsur kelembagaannya sudah menyadari perannya, sehingga masing-masing dapat mengambil bagian dalam karsa dan karya untuk membangun kehidupan gereja yang semakin dewasa dan berkembang.

Akhir kata, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, saya mengucapkan selamat kepada Vikaris Ni Luh Putu Artha Wahyuni, S.Th. yang pada kesempatan ini ditahbiskan menjadi pendeta jemaat GKJ Bejiharjo. Kiranya Tuhan yang Maha Kuasa menolong saudara dan senantiasa membimbing dalam setiap upaya dan karya.

Sekian dan terima kasih.

 

Bupati Gunungkidul

Hj. Badingah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: